Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi Khas Minang!

Rendang adalah makanan khas minang yang tercipta dari perpaduan rempah terbaik di Indonesia. Rendang lebih identik dengan olahan daging sapi. Tetapi, selain daging sapi, rendang juga dapat memanfaatkan daging ayam, bebek, cumi, telor, jengkol, paru, ikan, dan suir. Kelezatan rendang memang tidak ada saingannya, sehingga pernah mendapatkan predikat makanan terlezat di world’s 50 most delicious foods menurut CNN.

Banyak resep rendang daging sapi yang tersebar di internet tetapi tidak benar-benar memberikan citarasa sseperti rendang khas minang yang sebenarnya. Terdapat beberapa bumbu atau rempah yang kurang pas atau bahkan ditambah dan dikurangkan dalam memasak rendang daging sapi. Dalam memasak rendang, tidaklah mudah dan juga tidak sebentar.

Berikut ini adalah cara memasak resep rendang daging khas minang yang wajib untuk Anda perhatikan.

Cara Memasak Resep Rendang Daging Khas Minang

Bumbu Rendang Daging Sapi

  1. Daging sapi segar berkualitas terbaik kurang lebih sekitar 1 kilogram. Bisa memanfaatkan seluruh bagian daging sapi. Potong-potong daging sesuai dengan selera, dan biasanya berbentuk kotak dengan ukuran tidak terlalu tebal. Rebus agar daging lebih empuk dan menghilangkan kotoran.
  2. 1 batang daun serai dan ambil yang berwarna putihnya saja. Cuci bersih terlebih dahulu, kemudian dipukul atau dimemarkan agar dapat meresap ke dalam daging.
  3. Kelapa sebanyak 3 buah yang kemudian diparut. Pastikan kepala sudah berumur tua sehingga santan yang akan tercipta lebih kental dan gurih.
  4. 1 lembar daun kunyit dan cuci bersih terlebih dahulu sebelum dimasak.
  5. 1-2 biji asam kandis, bertujuan untuk meningkatkan aroma dari rendang daging.
  6. 1-2 lembar daun jeruk purut segar dan tidak layu. Cuci dan bersihkan daun kemudian sedikit memarkan.
  7. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya sesuai selera.
  8. Jahe kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Kupas kulitnya lalu memarkan supaya mudah dihaluskan bersama dengan dengan bumbu lainnya.
  9. Bawang merah sebanyak kurang lebih 10-12 siung. Lebih disarankan memakai bawang merah lokal supaya lebih terasa sedap.
  10. Laos ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Memarkan atau potong potong terlebih dahulu supaya mudah saat dihaluskan.
  11. 4-siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya lalu digabungkan dengan bumbu halus.
  12. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4-5 siung saja. Kupas kulitnya lalu haluskan dengan bumbu lain.
  13. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 6-8 buah atau sesuai selera. Jangan memakai cabai rawit karena aromanya nanti berbeda.
  14. 4 biji kemiri untuk dijadikan bumbu halus.

Cara Memasak Resep Rendang Daging Sapi

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, laos dan kemirinya sampai benar benar halus. Bisa memakai blender supaya lebih cepat dan lebih halus.
  2. Siapkan wajan ukuran agak besar supaya tidak tumpah saat memasaknya. Masukkan santan dan bumbu halusnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan api sedang saja.
  3. Masukkan asam kandis, daun jeruk purutnya, batang serai yang sudah digeprek dan daun kunyitnya. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata sampai agak mendidih (jangan sampai tidak diaduk karena santan bisa pecah).
  4. Masukkan potongan daging rendangnya lalu aduk aduk lagi sampai daging empuk dan santanya menyusut dan kental.
  5. Tambahkan garam kalau dirasa perlu lalu aduk aduk lagi. Jangan lupa dicicipi dulu sebelum api dimatikan dan disajikan.

Itu dia cara memasak resep rendang daging sapi yang dapat Anda praktikan dirumah. Dengan mengikuti panduan memasak atau resep rendang daging sapi dari bumburendang.com, Anda akan menemukan citarasa khas minang pada bumbu rendang Anda. Jangan ragu dalam memasak, dengan percaya diri dalam memasak akan semakin meyakinkan rasa rendang yang tercipta.

Leave a Comment